Untuk mendapatkan kualitas blog terbaik, silakan KLIK DISINI


Senin, 03 Maret 2014

perbedaan umbi akar dan batang

Berikut adalah perbedaan antara umbi akar dan umbi batang.

UMBI AKAR
Umbi akar adalah akar yang tumbuh membesar karena berisi cadangan makanan. Jika umbi akar ditanam bersama dengan pangkal batangnya, maka pada pangkal batang itu akan tumbuh tunas. Tunas tersebut merupakan tumbuhan baru. Contoh tumbuhan umbi akar antara lain dahlia, wortel, lobak, dan singkong.
http://matakristal.com/umbi-akar-dan-akar-tinggal-atau-rhizoma/

UMBI BATANG
Umbi batang adalah batang yang tumbuh di dalam tanah dan ujungnya menggelembung menjadi umbi. Umbi batang tersebut sebenarnya merupakan cadangan makanan bagi tumbuhan itu. Pada permukaan umbi batang tumbuh sisik dan kuncup membentuk mata tunas. Contoh tumbuhan umbi batang antara lain kentang dan ubi jalar. Jika kita menanam umbi batang, maka pada mata tunas akan tumbuh menjadi tunas muda yang merupakan tumbuhan baru. Pada mulanya, tunas muda mengambil makanan dari umbi batang, kemudian dari tunas muda itu akan tumbuh akar, batang, dan daun sehingga tumbuhan baru dapat melakukan fotosintesis sendiri.
http://matakristal.com/umbi-batang/

Dapat diperoleh kesimpulan bahwa pada umbi akar, bagian yang membesar adalah akarnya. Sedangkan pada umbi batang, bagian yang membesar adalah batangnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar